Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek Keaslian Emas Antam 10 Gram yang Harus Anda Ketahui

Saat akan membeli Emas Antam 10 Gram ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dengan tujuan agar tidak sampai mengalami kerugian besar. Sejak beberapa tahun terakhir benda ini sering dipilih sebagai produk investasi menguntungkan karena harganya bisa naik secara drastis.

Cara Mudah Cek Keaslian Emas Antam 10 Gram yang Harus Anda Ketahui

Banyak peminat, membuat beberapa pihak tidak bertanggung jawab terkadang memperjual belikan jenis palsu untuk mendapatkan banyak keuntungan. Tentunya hal ini dapat merugikan para pembelinya, guna menghindari hal demikian berikut ini cara mudah mengecek keasliannya:

1.  Tetaskan Cairan Asam

Bagi Anda yang masih belum memiliki pengalaman dalam hal ini sebaiknya berhati-hati, sebab cairan asam nitrat sendiri termasuk zat berbahaya bagi tubuh dan organ dalam utamanya sistem pernapasan. Apabila dilakukan sembarangan maka beresiko besar mengakibatkan gangguan kesehatan.

Emas Antam 10 Gram

Sebenarnya car pengaplikasiannya sendiri cukup mudah yaitu dengan meneteskan cairan asam nitrat ke emas secukupnya kemudian amati reaksinya. Ada berapa tanda yang harus Anda perhatikan dengan teliti agar tidak sampai tertipu, berikut ulasannya:

  • Berubah Kehijauan menandakan jika produk tersebut bukanlah emas asli melainkan besi yang dilapisi emas.
  • Hampir sama dengan pembahasan sebelumnya, jika terjadi perubahan menjadi kekuningan maka dikatakan jika produknya merupakan kuningan yang dilapisi emas pada bagian terluarnya.
  • Akan terjadi perubahan warna menjadi putih susu jika ternyata produk yang Anda dapatkan adalah perak dilapisi emas. Bagi orang awam tentu antara keduanya hampir sama karena warnanya keemasan di bagian luarnya.
  • Tanda jika produk yang Anda beli merupakan emas asli adalah tidak mengalami perubahan warna dan tetap keemasan setelah ditetesi cairan asam nitrat.

2.  Dekatkan dengan Magnet

Emas sendiri merupakan logam mulia sehingga ketika didekatkan dengan magnet maka tidak akan bereaksi karena memiliki sifat non magnetik. Namun jika saat Anda melakukan pengecekan hasilnya sebaliknya maka patut untuk curiga jika adanya campuran bahan lain atau malah palsu.

Catatan pentingnya meskipun ternyata tidak menunjukkan reaksi tarik menarik, bukan berarti jika terbukti keasliannya karena bisa saja produsen memang membuatnya dengan logam non magnetik. Agar lebih valid, aku kan tahap pengecekan lainnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

3.  Perhatikan Perubahan Warna

Kadar emas mempengaruhi keawetan warna setiap produknya, semakin banyak maka kemungkinan besar akan tetap berwarna gold berkilau dan terlihat memukau. Meskipun dalam bentuk batangan, namun poin ini sangat penting untuk diperhatikan agar nilai jualnya tetap tinggi.

Cara umum yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah dengan menggosok permukaannya menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Perhatikan-baik-baik apakah terjadi perubahan warna menjadi lebih pudar atau tidak. Jika ternyata berbeda maka bisa dipastikan keasliannya.

4.  Perhatikan Ciri Fisik Emas

Bagi yang sudah berpengalaman umumnya akan melihat dari ciri fisiknya dan mengetahui tingkat keasliannya. Hal ini karena terdapat tanda-tanda khususnya berupa cap untuk menandakan kadarnya. Hanya saja karena berukuran kecil dan berwarna layaknya emas membuatnya tidak begitu terlihat.

Lazimnya cap ini dikenal dengan satuan karat seperti 20K, 24K, dan18K untuk memudahkan para pembeli agar tidak salah menilai. Banyaknya penjual emas antam 10 gram tentu akan membuat sedikit sulit dalam memilih. Apalagi jika ada yang menawarkan harga lebih ekonomis dibanding lainnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mudah cek keaslian Emas Antam 10 Gram yang harus anda ketahui. Tujuannya tentu agar tidak sampai tertipu dengan pihak-pihak tidak bertanggung jawab karena bisa membuat banyak kerugian.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cek Keaslian Emas Antam 10 Gram yang Harus Anda Ketahui"