Hasil Pengujian Layar Dynamic Amoled 2X Samsung Galaxy S20 Ultra - Joinog

Terbaru

Selasa, 21 April 2020

Hasil Pengujian Layar Dynamic Amoled 2X Samsung Galaxy S20 Ultra

Sebagai flagship smartphone, Samsung Galaxy S20 Ultra menawarkan sejumlah fitur dan teknologi baru dari pendahulunya di seri S. Salah satunya adalah layar Dynamic AMOLED 2X. Singkat kata, tampilan layar jauh lebih jernih dan halus berkat penggunaan teknologi Dynamic AMOLED 2X, terlebih ketika pengguna memutar video atau memainkan gim.

Selain itu, layar Dynamic AMOLED 2X di Samsung Galaxy S20 Ultra juga telah mendukung refresh rate 120 Hz. Umumnya, untuk perangkat genggam, refresh rate setinggi ini ditemukan pada gaming smartphone.

Istilah refresh rate merujuk pada performa layar untuk menyegarkan (refresh) gambar yang ditampilkan layar. Semakin tinggi refresh rate suatu layar, maka semakin banyak gambar atau dalam hal ini frame yang dapat diproses per detiknya. Oleh sebab itu, performa refresh rate suatu layar juga bertalian dengan frame rate suatu konten (video, gim, dll.).

Pada Galaxy S20 Ultra, perusahaan menyematkan setelan khusus untuk mengaktifkan dynamic refresh rate yang dapat ditemukan di menu Settings => Display => Motion smoothness => High refresh rate. Kamu akan mendapati opsi refresh rate 120 Hz dan 60 Hz.

Refresh rate tinggi memungkinkan lebih sedikit jeda (delay/lag) pada tampilan dan layar pun semakin responsif. Film dan video yang menampilkan banyak gerakan secara simultan akan tampak lebih realistis pada layar dengan refresh rate tinggi. Namun tentu, memilih refresh rate tinggi pada smartphone akan menghabiskan lebih banyak daya baterai.

Perbandingan

Untuk mencari tahu bagaimana Dynamic AMOLED 2X ini dapat menampilkan gambar dan video kami memutar video 4K yang tersedia di YouTube dengan setelan layar 60Hz dan 120Hz dan setelan resolusi video maksimal.

Berikut ini perbedaannya:
Sekilas dapat kita lihat warna pada foto pertama, terutama warna hitam, tampak lebih kuat ketimbang pada foto kedua. Selanjutnya mari kita lakukan pembesaran untuk mencari perbandingan detail lain di antara kedua foto.

Foto pertama mampu menampilkan detail tekstur tembok lebih jelas. Sementara pada foto kedua, tekstur tembok agak kabur atau tidak sejelas foto pertama. Selain itu, lipatan pada jaket di sekitar pundak pada foto pertama juga terlihat lebih tegas daripada foto kedua.

Laporan Display Mate

Analisis dan pengujian teknis terhadap panel Dynamic AMOLED 2X telah dilakukan oleh Display Mate. Ia merupakan perusahaan yang melakukan pengujian dan perbandingan teknologi layar. Laporan perusahaan menyebut panel Dynamic AMOLED 2X merepresentasikan "layar smartphone kelas atas yang sangat mengesankan".

Berdasarkan serangkaian analisis, pengukuran, dan pengujian, perusahaan memberikan nilai akhir A+ karena panel ini disebut mampu menyamai rekor yang telah ada sebelumnya dan menorehkan rekor baru.
Di antara 12 variabel, tersebut di atas, panel ini mencatatkan rekor dalam hal akurasi mode layar sRGB dan DCI-P3. Selain itu, panel ini juga menorehkan standar baru untuk akurasi warna absolut, serta akurasi skala kontras dan intensitas. Juga tidak mengejutkan bahwa refresh rate 120 Hz berkontribusi tinggi pada capaian skor akhir untuk panel layar Galaxy S20 Ultra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar